image
image
image
image

Informasi Terkini

In House Training SMP Islam Al Hadi: Semangat Jadi Guru dan Pembelajaran Berdeferensiasi

SMP Islam Al Hadi – Jumat (12/7) telah terlaksana kegiatan In House Training di Aula SMP Islam Al Hadi. Mengangkat tema Semangat Jadi Guru dan Pembelajaran Berdeferensiasi, kegiatan kali ini disampaikan oleh Faisal Imam Prasetyo, S.Pd., Gr. seorang pengajar sekaligus Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Karanganyar.

In House Training  merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan SMP Islam Al Hadi sebagai upaya peningkatan kualitas serta kompetensi Bapak/Ibu Guru. “Semoga ini meningkatkan semangat kita menjadi seorang guru”, tutur Bapak Riyan Wik Irawan membuka kegiatan ini.

Hadirnya Pak Faisal Imam memberikan warna tersendiri ketika menyampaikan materi berkenaan dengan teknik mengajar dan makna menjadi seorang guru. “Materi pembelajaran penting, tetapi metode dan ruh seorang guru lebih penting”, tutur Bapak Faisal Imam. “Mari kita merefleksikan diri bersama, kit aini ingin menjadi guru seperti apa”, lanjutnya.

Alhamdulillah terima kasih untuk bapak/ibu guru dan narasumber yang telah menyampaikan materi, semoga memberikan manfaat untuk kita semua. Aamiin

Haflah Akhirussanah & Wisuda Tahfidz SMP Islam Al Hadi 2024

SMP Islam Al Hadi – Rabu (22/5) telah terselenggara Haflah Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz SMP Islam Al Hadi Mojolaban, bertempat di Gedung Kebudayaan Karanganyar. Diikuti oleh lebih dari 400 peserta wisuda, kemeriahan acara ini tidak hanya dirasakan oleh peserta atau bapak/ibu guru saja tetapi juga seluruh wali peserta didik dan tamu undangan yang hadir dari berbagai instansi terkait.

Bertujuan untuk memberikan ruang dan bentuk apresiasi bagi seluruh peserta didik kelas 9 yang akan segera menuntaskan pendidikannya di SMP Islam Al Hadi, sekaligus peserta didik kelas 7,8 yang telah selesai menuntaskan target BTA maupun hafalan. 

Acara dimulai dengan sambutan, kemudian testimoni tahfidz peserta didik terpilih yang diuji langsung oleh tamu undangan yang hadir. Dilanjutkan penyerahan penghargaan pada peserta didik berprestasi di segala bidang, acara ditutup dengan ikrar dan penyerahan map pada seluruh peserta wisuda.  Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat untuk terselenggaranya acara ini, selamat dan sukses untuk seluruh peserta wisuda.

Bagi kalian yang ketinggalan keseruan Akhirussanah dan wisuda tahfidz kemarin, bisa klik kanal YouTube berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=Kr2IsmWLOBs 

Spaldi Scouts Challenge ke-16, Meriah!

SMP Islam Al Hadi – Alhamdulillah telah terselenggara Spaldi Scouts Challenge ke-16 pada Jumat-Sabtu, 3-4 Mei 2024 bertempat di Watu Gambir, Karanganyar. Spaldi Scouts Challenge kali ini telah menjadi agenda tahunan untuk siswa-siswi kelas 8 SMP Islam Al Hadi.  Kepramukaan menjadi salah satu sarana mengembangkan nilai karakter siswa di sekolah, yang ditanamkan melalui beragam kegiatan dan nantinya sikap seperti kemandirian, kepemimpinan, tanggung jawab, menghargai alam akan terbentuk dalam diri masing-masing siswa. 

Spaldi Scouts Challenge edisi ini diawali dengan pembukaan yang dipimpin langsung oleh pembina pramuka (Bapak Anto Dwi Raharjo), dilanjutkan pembuatan karya lampu lilin, outbond serta semaphore dance oleh masing-masing kelas. Semakin menggugah kreativitas siswa, malam Spaldi Scouts Challenge kali ini menampilkan pentas seni oleh masing-masing kelas dengan keberagamannya. Tampilan-tampilan pakaian adat, akustik, setting wayang kulit dan masih banyak lainnya menambah kemeriahan. Sebagai penutup, long journey menjadi tantangan terakhir siswa-siswi kelas 8.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

SMP Islam Al Hadi – Kamis (2/5) sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional seluruh unit Yayasan Amal Fatimah mengikuti upacara yang dilaksanakan di halaman SDIT Al Hadi. Tampak hal berbeda di upacara kali ini yakni ibu guru yang menggenakan kebaya untuk turut menyemarakkan hardiknas yang jatuh pada hari ini.

Kegiatan hari ini diawali dengan upacara bendera yang berlangsung khidmat, kemudian dilanjutkan dengan apresiasi pada tim GSI SMP Islam Al Hadi yang berhasil membawa gelar juara. Sebagai insan pendidikan, mari kita tetap semangat untuk berkontribusi menjadikan pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

 

Tim SMP Islam Al Hadi Raih Juara 2 Ajang GSI Mojolaban

Gala Siswa Indonesia (GSI) Mojolaban yang telah terselenggara pada 29-30 April 2024 lalu di Lapangan Mini Bekonang, telah menorehkan nama SMP Islam Al Hadi sebagai Juara 2.Diperkuat oleh siswa terbaik, serta pelatih mumpuni di bidangnya. Tim GSI SMP Islam Al Hadi  mencatatkan hasil yang tak masin-main. Melawan tim dari SMP Nurussalam di babak grup, tim SMP Islam Al Hadi berhasil menang di dua laga dengan skor 7-1 dan 1-1. Di babak semi final, tim SMP Islam Al Hadi juga masih terlalu kuat untuk tim SMP N 2 Mojolaban yang berhasil ditekuk dengan skor akhir 5-1. Berlaga di final pada 30 April 2024, tim SMP Islam Al Hadi harus mengakui keunggulan tim SMPN 1 Mojolaban dengan skor tipis 0-1.

Terima kasih untuk kerja keras yang luar biasa dari pemain dan pelatih, tetap semangat semoga meraih hasil lebih baik di ajang yang akan datang.

PARADE TASMI AKBAR SMP ISLAM AL HADI

SMP Islam Al Hadi – Kamis (28/3) telah terlaksana kegiatan tasmi’ akbar  peringatan Nuzulul Qur’an. Bertempat di halaman SMP Islam Al Hadi, tasmi’ akbar hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan tasmi’ yang sebelumnya telah dilakukan di dalam kelas masing-masing. Diikuti oleh seluruh siswa kelas Program Khusus Tahfidz dari kelas 7,8 dan 9 jalannya kegiatan ini didampingi langsung oleh bapak/ibu guru Tahfidz dan PAI.

 

Siswa-siswi pilihan dengan hafalan terbanyak dari kelas Program Khusus Tahfidz (PTK) melakukan tasmi’ bersama, serta disimak langsung oleh siswa-siswi kelas PTK lainnya. Dalam kegiatan ini target tasmi’ kurang lebih 8 Juz yang dilaksanakan selama tiga hari.

Seluruh rangkaian kegiatan diikuti dengan khusyuk oleh seluruh peserta, semoga membuat kita semakin dekat dengan Qur’an khusunya di bulan yang baik ini.

Sepele Tapi Sering Dilupa: Berbukalah Secukupnya

Assalamualaikum sahabat AH, Alhamdulillah kita masih dipertemukan kembali dengan hari Jumat yang sekaligus telah berjalan sepuluh hari pertama di bulan Ramadan. Ngomong-ngomong soal puasa nih sobat, apa sih menu favorit berbuka kalian? Pasti makanan atau minuman manis kan sobat hihi. Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana baiknya kita menyantap hidangan berbuka.

Ketika puasa yang secara harfiah adalah menahan lapar dan haus tentu wajar ya sobat jika kita seringkali sudah membayangkan makanan dan minuman apa saja yang harus disiapkan untuk buka puasa nanti, akan tetapi hal ini justru sering tidak terkontrol. Tanpa kita sadari ternyata menu yang disiapkan begitu banyak, hingga tak jarang kita sampai kekenyangan atau bahkan tidak menghabiskan makanan yang telah dibeli.

Mengenai hal tersebut diambil dari hadist Riwayat Ahmad, an-Nasa’i dan At-Tirmidzi, yang artinya:

“Tidak ada tempat paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, kecuali perutnya. Karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia atur dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.”

Selain itu, aturan untuk makan secukupnya pun telah disampaikan Allah SWT melalui Q.S l-Araf ayat 31 yang artinya:

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.” 

Sahabat AH, saat berbuka rangkaian yang bisa kita lakukan ialah membaca basmallah dan dilanjutkan doa berbuka, kemudian membatalkan puasa dengan makan kurma dan minum air putih terlebih dahulu.

Nah, untuk menghindari makan buka berlebihan kita bisa pilah-pilah ya Sobat. Siapkan satu menu makanan dan minum yang kamu suka, kemudian makanlah secukupnya dan perbanyak minum air putih.

Karena sesungguhnya berpuasa adalah menahan hawa napsu, jadi mari lebih bijak saat berbuka ya sobat. Semangat berpuasa ya, semoga puasa kita mendapat berkah dan diterima Allah SWT.

 

Rujukan:

https://opop.jatimprov.go.id/detail/125/makan-dan-minum-yang-sehat-menurut-islam

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6654611/5-hadis-tentang-buka-puasa-dari-keutamaan-hingga-amalan-sunahnya

https://kemenag.go.id/opini/sunnah-sahur-dan-berbuka-puasa-623zfn

Tips Mudah Khatam Qur’an Berkali-kali Saat Ramadan

Assalamualaikum sahabat AH, Alhamdulillah atas izin Allah SWT kita masih bisa berjumpa kembali dalam keadaan sehat serta bahagia. Sobat pada Jumat pertama di bulan Ramadan ini ada tips khusus nih bagi kalian yang mau khatam membac Qur’an berulang kali ketika Ramadan.

Jadi sobat, sebelum kita membahas tips apa saja yang bisa dilakukan mari menginggat Kembali bahwa dari sekian banyak hadist Rasulullah yang menjelaskan keutamaan membaca Al-Qur’an, di antaranya adalah:

 

عن ابن مسعودٍ رضيَ اللَّه عنهُ قالَ : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : منْ قرأَ حرْفاً مِنْ كتاب اللَّهِ فلَهُ حسنَةٌ ، والحسنَةُ بِعشرِ أَمثَالِهَا لا أَقول : الم حَرفٌ ، وَلكِن : أَلِفٌ حرْفٌ، ولامٌ حرْفٌ ، ومِيَمٌ حرْفٌ » رواه الترمذي وقال : حديث حسن صحيح .

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan “Alif Laam Miim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, No. 6469)

 

Nah, jadi membaca Qur’an khususnya di bulan Ramadan memiliki nilai pahala yang besar. Maka jangan dilewatkan ya. Berikut tips yang bisa dilakukan.

Pertama, menggunakan jumlah Juz dalam Mushaf Al-Qur’an. Caranya gunakan Mushaf Al- Qur’an yang dicetak per-juz, biasa disebut mushaf khataman. Satu juz berisikan 11 lembar atau 22 halaman. Gunakan sistem target, jika 1 hari dibaca 1 juz dalam sebulan akan khatam. Mushaf Al-Qur’an terdiri dari 30 juz yang panjangnya bervariasi, jadi target yang harus dicapai adalah membaca 1 juz setiap hari.

Kedua, menggunakan jumlah lembar dalam tiap Juz Al-Qur’an; apabila dirasakan berat untuk menamatkan 1 juz di satu waktu (misalnya ba’da tarawih/atau ba’da Subuh), dapat dipertimbangkan tips yang satu ini, yaitu dengan membagi jumlah lembar dalam 1 juz kemudian dibaca setiap selesai shalat wajib. Mushaf Al-Qur’an yang umum beredar di Indonesia, rata-rata dalam 1 juz terdapat 9-10 lembar. Sebagai contoh jika dalam juz pertama terdapat 10 lembar, kemudian dibagi dengan 5 (waktu shalat), maka tiap selesai shalat hanya akan membaca 2 lembar saja. Lebih enteng bukan? dan pastinya si pembaca juga merasa tidak terlalu berat dan tetap bisa menamatkan 1 juz per hari. Silahkan diatur saja dalam membagi jumlah lembar tiap juz lainnya dengan 5 waktu shalat.

Bagaimana sobat? Mudah bukan, tips tersebut bisa kalian modifikasi juga sesuai dengan target yang kalian inginkan. Terlepas dari itu hal yang pertama-tama perlu dilakukan adalah memulainya. Yuk semangat ibadahnya 😊

 

Referensi rujukan:

https://kemenag.go.id/nasional/tips-khatamkan-al-qurrsquoan-selama-ramadan-0nb276

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20240308112400-561-1072010/cara-khatam-al-quran-30-juz-di-bulan-ramadhan.

Gerakan Nasional Aksi Bergizi SMP Islam Al Hadi

Assalamualaikum sahabat AH, Alhamdulillah telah terlaksana dengan lancar kegiatan Aksi Bergizi SMP Islam Al Hadi yang berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo dan Puskesmas Mojolaban. Kegiatan ini diawali dengan senam bersama oleh bapak/ibu guru dan 100 peserta dari kelas 7 di halaman SMP Islam Al Hadi.

Semarak pagi itu dilanjutkan dengan sarapan bersama, dan minum tablet tambah darah sebagai langkah awal pencegahan anemia khusunya pada siswa putri. Seusai kegiatan di halaman, aksi bergizi berlanjut dengan pemberian materi/penyuluhan oleh Dinkes dan puskesman tentang anemia dan pentingnya menjaga kesehatan. Kemudian secara serentak siswi kelas 7 yang telah mengonsumsi tablet tambah darah diminta untuk mengisi aplikasi ceria, sebagai langkah awal dari pemerintah untuk memantau kondisi kesehatan siswi.

Pelaksanaan kegiatan ini ialah sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan gizi anak-anak Indonesia serta memberikan penyuluhan supaya anak-anak sekarang lebih peduli dengan kesehatan diri mereka. Terima kasih

 

Live Chat